SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODUL AJAR DIGITAL BERBASIS OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Nisa Umi Pratiwi Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Maria Luthfiana Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari, Indonesia
Kata Kunci: Modul, Modul Ajar Digital, Open-Ended, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul digital pembelajaran matematika berbasis pendekatan open ended pada pemebelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Open–Ended. Adapun Langkah-langkahnya meliputi menyajikan masalah, mendesaian pembelajaran, memperhatikan dan mencatat respon siswa, membimbing dan mengarahkan siswa dan membuat kesimpulannya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar digital pembelajaran digital berbasis pendekatan open–ended dapat meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa, hal ini berdasarkan hasil uji yang diperoleh.

Referensi

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1331

Fh, Y., Barlian, I., & Fatimah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Blog Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 8(1), 62–72. https://doi.org/10.15408/sd.v8i1.20727

Fitri, A., Efriyanti, L., & Silmi, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer Dan Internet Menggunakan Canva Di Sman 1 Harau. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 33–38. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.5999

Florianus Dama, Y., Bhoke, W., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Smp Kelas Viii. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 610–618. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Hanisan, H. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open Ended pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(3), 62–65. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i3.564

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1172

Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 3(April), 1–7.

Khoiriyah, S., Istiani, A., Cahyadi, R., & Kayyis, R. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE EDITION melaksanakan pembelajaran , namun tidak semua media belajar dapat digunakan cetaknya . Modul digital dianggap lebih praktis karena dapat diakses kapanpun dan. 3(2), 109–120.

Kurniawan, M. R., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2208–2221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2442

Lestari, Sugiarto Sigit, & Kurniati Ratna. (2023). Systematic Literature Review (Slr) :Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3275–3287. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22627

Maskur, M., & Safitri, E. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 47–53. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2149

Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 99–109. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.151

Penalaran, K. (2020). 77 p-ISSN 2338-980X. 77–86.
Pinahayu, E. A. R., Auliya, R. N., & Adnyani, L. P. W. (2018). Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 112. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2544

Pujiasih, A. T., Sulianto, J., & Azizah, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Pecahan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Penalaran. Prosiding Webinar FIP 2020, 24, 19–27.

Rahmaniah, W. A., & Zainuddin, A. (2023). Modul Digital Matematika Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 169–176. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58338

Rohmatulloh, R., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2022). Integrasi E-Modul dalam Pembelajaran Matematika : Systematic Literature Review. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7828–7839. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4238

Simamora, N. I., Simamora, E., & Dewi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2635–2651. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1740

Singgih Budiarso, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching untuk Memotivasi Siswa SMP dalam Belajar IPA pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Pena Sains, 3(2), 132–141.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 58. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667

Sukendra, I. K., Surat, I., & Darmada, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Vokasi Digital Berbasis Stem Di Smk Pada Materi Trigonometri. Widyadari, 23(1), 59–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390927

Surya Atmaja, I. K., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika Sma Kelas X Berorientasi Hots. Widyadari, 22(2), 459–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Widodo, C. A., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar DIgital Matematika SMA Kelas X Berbasis STEM. WIDYADARI Jurnal Pendidikan, 22(2), 478–486. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550400

Yohana, A., & Rachmadiyanti, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Pendekatan Open_Ended Question Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ips Kelas 5 Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(7), 1436–1446.
Diterbitkan
2024-06-30

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##