PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUASIN

  • Ika Septiarini Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Kata Kunci: Kecemasan matematika, kemampuan pemecahan masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan, pengaruh, dan seberapa besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri se-kecamatan Rambutan Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dengan tes dan engket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kecemasan matematika memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri se-kecamatan Rambutan Banyuasin.

Referensi

Ashcraft, Mark H. 2002. Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences(online). (http://www.mccc.edu/~jenningh/Courses/documents/math_anxiety.pdf, diakses 18 Februari 2017)

Anurrofiq, M dan Iwan Junaedi. 2017. Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: depdiknas

Freedman, Ellen. 1997-2006. Do You have Math Anxiety? A Self Test (online). (http://www.pearsoncustom.com/mdc_algebra/math_anxiety_material.pdf, diakses 19 Februari 2017)

Hartono. 2015. Statistik untuk Penelitian. Pekanbaru Riau: Pustaka Pelajar

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Khatoon, T. & Mahmood, S. (2010). Mathematics Anxiety Among Secondary School Students in India and its Relationship to Achievement in Mathematics. European Journal of Social Science, 16 (1), 75-86.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Satriyani. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa(online). (repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32047/3/SATRIYANI-FITK.pdf, diakses 18 Februari 2017)

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Yanti, Dwi dan Herma Yunita (2020). “Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam melakukan Pembuktian Matematika”. Journal of Mathematics Science and Education

Zakaria, E., Nordin, N. M. (2008). “The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Student as Related to Motivation and Achievement”. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion. 4 (1), 27-30.
Diterbitkan
2020-12-30