PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUASIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan, pengaruh, dan seberapa besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri se-kecamatan Rambutan Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dengan tes dan engket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kecemasan matematika memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri se-kecamatan Rambutan Banyuasin.
Referensi
Anurrofiq, M dan Iwan Junaedi. 2017. Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: depdiknas
Freedman, Ellen. 1997-2006. Do You have Math Anxiety? A Self Test (online). (http://www.pearsoncustom.com/mdc_algebra/math_anxiety_material.pdf, diakses 19 Februari 2017)
Hartono. 2015. Statistik untuk Penelitian. Pekanbaru Riau: Pustaka Pelajar
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Khatoon, T. & Mahmood, S. (2010). Mathematics Anxiety Among Secondary School Students in India and its Relationship to Achievement in Mathematics. European Journal of Social Science, 16 (1), 75-86.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Satriyani. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa(online). (repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32047/3/SATRIYANI-FITK.pdf, diakses 18 Februari 2017)
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Yanti, Dwi dan Herma Yunita (2020). “Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam melakukan Pembuktian Matematika”. Journal of Mathematics Science and Education
Zakaria, E., Nordin, N. M. (2008). “The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Student as Related to Motivation and Achievement”. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion. 4 (1), 27-30.

This work by Journal of Mathematics Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.












