Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital

  • Niki Agus Santoso Universitas Lampung
  • Appin purisky redaputri Universitas Gadjah Mada/ Universitas Bandar Lampung
  • Aprinisa Aprinisa Universitas Bandar Lampung
  • Shanaz Rizkyna Universitas Bandar Lampung

Abstract

Di era digital, e-commerce telah menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini membahas pemanfaatan e-commerce Shopee sebagai strategi pengembangan UMKM dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar digital. Melalui akses yang lebih luas, fitur-fitur promosi yang efektif, serta integrasi pembayaran dan logistik, Shopee memberikan solusi bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan, mengurangi biaya operasional, dan memperluas jangkauan pasar. Namun, tantangan yang dihadapi seperti keterbatasan literasi digital, ketatnya persaingan, dan ketergantungan pada promosi perlu diatasi melalui peningkatan kapasitas digital dan inovasi produk. Studi ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan Shopee secara optimal dapat mendorong pertumbuhan dan daya saing UMKM, memperluas akses pasar, dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia.

References

Chips, M., Sari, P., Village, W., Pembanguna, U., & Jawa, V. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui E-Commerce Shopee pada UMKM Keripik Putri Sari Desa Wonokerto ( Implementation Of Digital Marketing Strategies Through E-Commerce Shopee In Article History : memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan promosi dan memperoleh keuntungan yang berbelanja secara online , karena konsumen juga mengikuti perkembangan teknologi digital. 3.
Febi, R. N., Sitompul, S. E., Kristina, R. W., & ... (2023). Analisis Digital Marketing Berbasis Aplikasi Shopee sebagai Sarana Promosi Produk UMKM. Jurnal Pendidikan …, 7, 27676–27684. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11137
Firdausi, M. I., Rohmah, S., & Sofyan, N. H. (2023). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikrokecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Sumurjomblangbogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3600–3605.
Imtihani, E., & Laily Nisa, F. (2023). Penerapan Akun E-Commerce Shopee dalam Strategi Digital Marketing pada UMKM Rempeyek Bunda Rahayu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 370–380. https://doi.org/10.5281/zenodo.10114648
Istiqomah, A., Kartika, D., & Safira, O. P. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Digital Menggunakan Ecommerce Shopee Pada UMKM Majun Jaya Di Kp. Pasir Pogor Rt/Rw 009/005 Ds. Nagacipta Kec. Serang Baru Kab. Bekasi. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.56457/dinamika.v2i1.552
Istiqomah, R. N., Ulva, N., Purwantoro, M. I., & Ayu, D. (2023). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran UMKM di Desa Gending. Journal of Global and Multidisciplinary, 1(5), 684–691. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multipleINSTITERCOMPUBLISHERhttps://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.
Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1, 108–127. https://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/view/12%0Ahttps://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/download/12/12
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Published
2024-12-11