Eksplorasi Pengaruh Media Sosial Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Kalangan Mahasiswa S1: Studi Kualitatif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media sosial terhadap peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris di kalangan mahasiswa program studi S1. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis konten dari interaksi di media sosial yang terlibat dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kemampuan berbicara, terutama dalam hal pelafalan, kosa kata, dan kepercayaan diri. Faktor-faktor seperti frekuensi paparan, jenis konten yang dikonsumsi, dan keterlibatan aktif dalam praktik bahasa melalui komentar atau video interaktif menjadi penentu utama keberhasilan, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif.
References
Hanafiah, W. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui media film. EPIGRAM (e-Journal), 16(2), 149-158.
Murni, D. (2022). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa inggris di smkn 3 tanjungpinang. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 48-54.
Naiborhu, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode bermain peran. Jurnal global edukasi, 3(1), 7-12.
Pendi, Y. O. (2020, May). Merdeka belajar yang tercermin dalam kompetensi profesional guru bahasa inggris SMP Negeri 01 Sedayu. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Riduan, R., Fauziah, N., Amelia, K., & Sumarno, S. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 53-64.
Rohayati, D. (2018). Analisis strategi pembelajaran bahasa dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(3), 269-280.
Sanjaya W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Susini, M. (2020). Strategi meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37-48.
Syahrin, A., & Bin As, A. (2021). Pengaruh penggunaan audiovisual dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris di SMA Negeri 3 Takengon. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 21-31.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.