Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Scientific Approach di SMAN 3 Lubuklinggau

  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan pendekatan Scientific Approach Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Linggau dengan materi Besaran dan Pengukuran yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu 4D (define, design, development, and disseminate). Sampel penelitian atau subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Linggau, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 9 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik angket dan tes. Validasi yang dilakukan mendapatkan hasil dengan kategori baik yaitu dengan skor total 158. Respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran berbasis adobe flash dengan pendekatan Scientific Approach yaitu dengan skor 46,12 dengan kategori sangat setuju. Selain itu dari hasil tes yang dilakukan,diperoleh nilai rata-rata 80,45 dan persentase hasil belajar sebesar 79,78%.Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran berbasis adobe flash dengan pendekatan Scientific Approach yang dikembangkan telah valid dan praktis.

References

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. Statistical Field Theor (Vol. 53)

Dari, W. U., Sulistiyono, S., & Arini, W. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri Prabumulih II. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(1), 59-69.

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.56

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawati, Inung Diah, dan Sekreningsih, Nita. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology 1(2): 68

Oktaviani, Annisa 2017. Pengembangan Buku Pengayaan Konteks Kaca Konduktif dan Potensinya Untuk Membangun Literasi Sains Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume. 4, Nomor 1

Widoyoko, E. P. (2020). Evaluasi program pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-12-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>