Tradisi Lokal “Sedekah Rame” Sebagai Sumber Belajar IPA Kontekstual
Abstract
Tradisi “sedekah rame” merupakan tradisi yang masih dilaksanakan oleh masyarakat asli dusun Batu Urib Kota Lubuklinggau. Tradisi ini merupakan bentuk gotong royong di mana masyarakat berkumpul untuk berbagi makanan, tenaga, dan sumber daya dalam suatu acara bersama. Sedekah Rame memiliki hubungan erat dengan berbagai konsep sains, terutama dalam bidang IPA serta sebagai wujud kearifan lokal yang erat kaitannya dengan praktik pelestarian lingkungan dan keseimbangan alam, sehingga tradisi ini berpotensi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa tinjauan pustaka. Hasil yang didapatkan bahwa tradisi “sedekah rame” berpotensi untuk dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan beberapa metode penerapan, yaitu: STEM, project based learning (PjBL), eksperimen sains, dan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Disimpulkan bahwa setiap tradisi yang ada dilingkungan, seyogyanya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran.
References
Apriyani, R., Gloriani, Y., Khaerudin, I.R. (2022). Model Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Pada Materi Cerita Rakyat. Jurnal Tuturan, 11(1), 36-45
Aroyandini, E. N., Lestari, Y. P., & Karima, F. N. (2020). Keanekaragaman Jamur di Agrowisata Jejamuran sebagai Sumber Belajar Biologi Berbasis Potensi Lokal. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 145-159. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2336
Bamberger, M. (2000). Integrating Quantitative and Qualitative Research in Development Project. Directions in Devlopment.
Bărnuțiu-Sârca, M. (2021). Primary And Pre-School Teachers’ Views On Stem Based Approaches. 97–104. Https://Doi.Org/10.15405/Epsbs.2021.03.02.11
Battiste, M. (2005). Indigenous Knowledge: Foundations for First Nations. In WINHEC: International Journal of Indigenous Education Scholarship. Diambil dari https://journals.uvic.ca/index.php/winhec/ article/view/19251
BPS. (2013). Mengulik Data di Indonesia. Diambil 16 April 2025, dari ttps://www.bps.go.id/news/2015/11/18/1 27/mengulik-data-suku-di-indonesia.html
Büntzel, J., Micke, O., & Büntzel, J. (2020). How to transfer traditional knowledge about medicinal herbs? or TCM plants: a black box for modern oncologists. Journal of Cancer Research and Clinical Oncology, 1–9.
Cahyani, N. I., Utami, S. D., & Safnowandi, S. (2023, November). Kecerdasan Ekologis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Lombok Barat. In Proceeding of National Conference of Biology Education (pp. 14-23). Mataram, Indonesia: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika.
Deviana. (2023). Implementasi Stem Berbantuan Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Karakter Keingintahuan Siswa. Jurnal Math-UMB Edu, 11(1). https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5829
Dewi, C., Ismaya, E., & Purbasari, I. (2022). Pemanfaatan Wisata Api Abadi Mrapen sebagai Edukasi Wisata Bersejarah bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 64-71. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.38341
Helga, M., Mei, F.A.U., dan Mulyani. (2024). Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Rangkaian Arus Listrik dan Pembangkit Listrik Kelas 5 S Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7243
Hesti, H., Prafitasari, A. N., & Zunaidah, E. (2023). Penerapan Media Book Widget untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Tanggul (Materi Sistem Reproduksi). Jurnal Biologi, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1962
Ilhami, A., Diniya., Susilawati., Ramadhan, C.F., dan Rian, S. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang Di Kabupaten Indragiri Hilir Riau Sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya, 18(1), 20-27
Immaniar, B.D., Sumarmi., dan I, Komang Astina. (2019). Pembelajaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Experiental Learning. Jurnal Pendidikan, 4(5). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Ismail, I.A., Jusmita, W., Mawardi, M., Lufri, L., Usmeldi., Festiyed., dan Silvi, I. (2024). Tinjauan Sisetmatis Analisis Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA dan Dampaknya terhadap Kompetensi Era Modern dan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 4(5). https://doi.org/10.52436/1.jpti.478
Kamaruddin, I., Delia, S., Rasimin, Triyanti., MS Viktor Purhanudin, dan Ns. Novita Amri. (2024). Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa; Tinjauan Pusta. Journal Of Education, 6(3). http://jonedu.org/index.php/joe
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Menumbuhkan Lokal Karakter Dalam Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74.
Kurniati, E., Nurhidayati, S., & Efendi, I. (2022). Identifikasi Potensi Lokal di SMA Negeri 1 Pemenang sebagai Dasar Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Kelas X. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 2(3), 182-192. https://doi.org/10.36312/pjipst.v2i3.112
Listiyana, A., Zidan, M., Bima, A., Khusna, N., Wardani, P., Dewi, C., Putri, S. R., Yuniarti, Y., & Sukardi, R. R. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sd (Implementation Of Stem Oriented Learning Strategies On Science Literacy Abilities In Elementary School Students). Teaching, Learning And Development, 1(2), 113–122.
Maharani, S.T., dan Tatang, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter. Jurnal Basicedu, 5(2) https://jbasic.org/index.php/basicedu
Nurhidayati, S. (2024). Identifikasi Sumber Belajar Lokal Untuk Mendukung Inovasi Pembelajaran Biologi. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 4(3), 129-137. https://doi.org/10.36312/panthera.v4i3.308
Pieter, J. (2016). Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Solusi Pengajaran Ipa Di Daerah Pedalaman Provinsi Papua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNCEN Tahun 2016, 44–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.840857
Purwanto, A., Hikmah, N., Aprianto, A., & Rahmawati, E. (2021). Modelling spatio-temporal of mangrove ecosystem and community local wisdom in taman hutan raya (tahura), ngurah rai, bali. International Journal on Advanced Science Engineering and Information Technology, 11(4), 1642. https://doi.org/10.18517/ijaseit.11.4.11711
Qodim, H. (2023). Nature harmony and local wisdom: exploring tri hita karana and traditional ecological knowledge of the bali aga community in environmental protection. Religious Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v7i1.24250
Ramdani, A., Jufri, A., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5e learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Ria, F.K., N. Murbangun, S. (2012). Pengembangan Modeul IPA Terpadu Etnosains untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.
Sakti, Y. T., Ibrohim, I., & Al-Mudhar, M. H. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Berdasarkan Hasil Eksplorasi Bentuk Pertumbuhan Terumbu Karang. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 6(3), 398-401. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14619
Sari, M., Wati, I., Nugraheni, F., & Suciati, S. (2023). Development of ethno-stem-based science learning tools. Journal Intellectual Sufism Research (JISR), 5(2). https://doi.org/10.52032/jisr.v5i2.143
Setyorini, L., Haryani, S., & Susilaningsih, E. (2022). Development of e-module based on local wisdom to improve science literacy and reading literacy. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(1), 28-38. https://doi.org/10.24114/jpkim.v14i1.32948
Slamet, A., Andarias, S. H., Ardiyati, D. P. I., Yenni, B., & Inang, W. D. F. (2020). Potential of Local Plants from Buton Island as a Source of Learning Biology. Bioedusiana Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 33-40. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1555
Suastini, N. and Sumada, I. (2022). Character education in school based on local wisdom. The Social Perspective Journal, 1(2). https://doi.org/10.53947/tspj.v1i2.106
Suastra, W. (2013). Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir Dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 221–235. https://doi.org/10.23887/jpi undiksha.v2i2.2166
Suciati, S. (2023). Integrating local wisdom in science learning: an opportunities and challenges. https://doi.org/10.1063/5.0125371
Suhartini. (2007). Kajian Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 206–218.
Tiro, A. (2024). A local wisdom in science education using bibliometric mapping and vosviewer. Kne Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16074
Triastuti, E. (2020). Model Pembelajaran STEM PJBL Pada Pembuatan Ice Cream Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Dan Wirausaha. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5, 67–74.
Verawati, N. (2024). Raising the issue of local wisdom in science learning and its impact on increasing students' scientific literacy. IJETE, 1(1), 42. https://doi.org/10.33394/ijete.v1i1.10881
Widiarni, P., Suastra, I.W., dan Arnyana, I.B.P. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Bali Dalam Pembelajaran IPA Masa Kini. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 48-60. https://jurnalp4i.com/index.php/educational
Widyasari, F., Indriyanti, N. Y., dan Mulyani, S. (2018). The Effect of Chemistry Learning with PjBL and PBL Model Based on Tetrahedral Chemistry Representation in term of Student’s Creativity. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(2).
Wijana, N. (2015). Pengaruh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal Ke Dalam Materi Ajar Mata Kuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fmipa Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 647–657. https://doi.org/10.23887/jpi undiksha.v4i2.6061
Winarto, Y. T., & Choesin, E. M. (2014). Pengayaan Pengetahuan Lokal, Pembangunan Pranata Sosial: Pengelolaan Sumberdaya Alam dalam Kemitraan. Antropologi Indonesia, 0(64), 91–106. https://doi.org/10.7454/ai.v0i64.3412
Yuliani, A. (2023). Steam Berbasis Proyek : Membuat Kubus Menggunakan Stik Kayu Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Jipdas), 3, 571–575.
Yuliani, E., Supeno, S., & Ridlo, Z. R. (2023). Identifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) di Kawasan Ijen Geopark sebagai Sumber Belajar Biologi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 880-889. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1252
Yuningsih, Y., Hayadi, H., Yusuf, F. A., Suirat, S., & Sepriyanti, S. (2024). Pembelajaran Inovatif dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa. Technical and Vacational Education International Journal, 4(01), 110-115. https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.605

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.