EKSISTENSI PEMIKIRAN JOHN DEWEY DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Abstrak
Artikel membahas mengenai eksistensi pemikiran John Dewey dalam pendidikan di Indonesia. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap sumbangsih pemikiran John Dewey terhadap pendidikan di Indonesia. Dari hal tersebut, peneliti akan melakukan pengkajian terhadap riwayat hidup John Dewey, hakekat pendidikan berdasarkan pandangan John Dewey dan sumbangsih John Dewey dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kemudian metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan pertama adalah heuristik, sedangkan tahap kedua adalah kritik sumber sejarah (verifikasi), selanjutnya tahap ketiga adalah analisis fakta sejarah (interpretasi) dan tahap yang terakhir atau yang keempat yaitu penyajian dalam menulis sejarah (historiografi). Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari hasil kajian pustaka ditemukan bahwa pandangan atau pemikiran dari John Dewey tidak dapat dipisahkan dari hakekat pendidikan. Sebab John Dewey merupakan tokoh yang mempelopori filsafat pendidikan yakni progressivisme. Pandangan progressivisme dari John Dewey memberikan pengaruh dan sumbangsih yang cukup besar bagi perkembangan Kurikulum 2013 di Indonesia. Hal itu dikarenakan bahwa pemikiran progressivisme mengutamakan anak sebagai subjek didik untuk mengembangkan pendidikan karakter pada cara berpikirnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas keterampilan, pengetahuan dan sikap pada peserta didik.
Referensi
Arifin, N. 2020. Pemikiran Pendidikan John Dewey. As- Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 204-219.
Djamaluddin, A. 2014. Filsafat Pendidikan. Jurnal Umpar, 1(2).
Hadiwijono, H. 2004. Sari Sejarah Filsafat Barat II. Yogyakarta: Kanisius.
Maiaweng, P. C. 2009. Kajian Analisis Terhadap Konsep Pemikiran John Dewey. Jurnal Jaffray, 7(2), 73-86.
Maksum, A., & Ruhendi, L. Y. 2004. Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.
Mubarok, R. 2015. Pendidikan Humanis John Dewey Dalam Perspektif Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Mustagfiroh, S. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Pranoto, S. W. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Robert, R. B. 2005. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Wasitohadi, W. 2014. Hakekat Pendidikan dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49-61.