https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS en-US Mon, 13 Jan 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pentingnya Kesadaran Sejarah dalam Membangun Identitas dan Karakter Bangsa https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/3198 <p>Kesadaran sejarah merupakan elemen krusial dalam pembentukan identitas dan karakter bangsa. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap sejarah, individu dan masyarakat dapat mengenali akar budaya, nilai-nilai, serta perjuangan yang telah dilalui oleh generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana kesadaran sejarah dapat berkontribusi dalam memperkuat rasa kebangsaan dan identitas kolektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif terhadap berbagai sumber sejarah, termasuk dokumen dan sumber literatur, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran sejarah memberikan pemahaman kepada individu tentang bagaimana peristiwa-peristiwa masa lalu membentuk identitas sosial, budaya, dan politik di masa kini. Dengan memahami konteks sejarah, individu dapat melihat dirinya sebagai bagian dari proses panjang yang melibatkan interaksi antar kelompok yang berbeda, sehingga memperkuat rasa identitas kolektif dan kohesi sosial. Dalam masyarakat majemuk, sejarah sering kali menjadi sumber identitas bagi kelompok-kelompok tertentu. Ketika individu menyadari kontribusi dan pengalaman kelompok lain dalam sejarah, hal ini dapat mengurangi prasangka, stereotip, dan meningkatkan toleransi. Selain itu, kesadaran sejarah dapat membantu mengurangi konflik antar kelompok dengan memberikan perspektif yang lebih luas tentang asal-usul ketegangan sosial dan mendorong dialog untuk rekonsiliasi. Hal ini pada akhirnya memperkuat fondasi masyarakat yang inklusif dan toleran, di mana perbedaan dipahami sebagai kekuatan daripada sumber konflik. Meningkatkan kesadaran sejarah, bangsa ini dapat membangun karakter yang tangguh, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta keadilan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pendidikan sejarah yang lebih mendalam dalam kurikulum pendidikan nasional sebagai upaya untuk membentuk generasi yang sadar akan sejarah dan bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa.</p> Agus Susilo, Yusuf Budi, M. Ari Kuwoto, Hieronymus Purwata ##submission.copyrightStatement## https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/3198 Mon, 13 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan Keterampilan Berpikir Historis melalui Pembelajaran Sejarah https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/3201 <p>Abstract</p> <p>Learning history and developing historical thinking skills is an important component of a curriculum that aims to improve students' understanding of historical events and contexts. Analytical literature study methods used for sources, understanding context, and applying various perspectives are some of the ways to improve historical thinking skills in this article. The results of this study show that learning history and developing historical thinking skills is an important aspect of education. These skills help students understand past events, analyze data critically, and bring history to bear on contemporary issues. Through an approach that emphasizes context, evidence, and perspective, students can develop critical thinking skills, awareness of cultural identity, and empathy. Overall, historical thinking skills enhance students' understanding of history and prepare them to become active and responsible citizens. Therefore, it is important for educators to integrate this approach into the curriculum.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Development, Historical Thinking, Learning, History.</p> Miskawi, Khoirul Anwar, Maulana Yusuf Arrasuly, Hieronymus Purwanta ##submission.copyrightStatement## https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/3201 Mon, 13 Jan 2025 00:00:00 +0000