PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKTAN SAINTIFIK MELALUI PROYEK MATERI ORGAN PERNAPASAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA bebrasis pendekatan saintifik melalui proyek untuk siswa Kelas V SD pada materi organ pernapasan, serta untuk menghasilkan LKPD yang layak digunakan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana model pengembangan diadaptasi dari model Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini yaitu 22 orang peserta didik dan seorang guru. Divalidasi oleh 6 orang ahli diantaranya ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil analisis data dinyatakan layak untuk digunakan dengan rincian aspek materi 0,75 (sangat layak), aspek media 0,7 (layak) dan aspek bahasa 0,66 (layak), serta hasil uji lapangan dari respon guru dan peserta didik telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan. Secara umum LKPD berbasis pendekatan saintifik melalui proyek materi organ pernaapsan pada manusia layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Research: An Introduction, Fifth Edition.
New York: Longman.
Haenilah, E. Y., & Rusminto, N. E. 2017.
Pengembangan Lkpd Berbasis Tematik Tema
Merawat Hewan Dan Tumbuhan Siswa Kelas Ii
Sd, (1).
Kusumawati, Tri. "Pengembangan Instrumen
Penilaian Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak." Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 1.1 (2015).
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255-269..
Nabila, Shella, Idul Adha dan Riduan Febriandi “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu 5, No. 5 (2021): 3928-39
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumantri, M. S., (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Waluyo, Sa’Dijah & Subandi. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Bergaya Kognitif Field Dependent. ISBN. Pedidikan Matematika Pasc Sarjana Universitas Negeri Malang
Zulkurnia, D., & Jaya, M. T. B. S. (N.D.). Pengembangan
Lkpd Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas V Sd
Muhammadiyah Kota Metro.