Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Pelita Kasih Kota Bengkulu
Abstrak
Salah satu cara untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think talk write. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think talk write dan menggambarkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan inter rater dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write yaitu, think (berpikir) dilakukan dengan cara memberikan bahan bacaan dan meminta siswa untuk menulis hal yang dianggap penting, talk (berbicara) dilakukan dengan cara guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi mengenai hasil catatan siswa, dan write (menulis) dilakukan dengan cara meminta siswa untuk mengkontruksikan hasil yang telah diperoleh dari tahapan think (berpikir) dan talk (berbicara). Kemudian, hasil kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think talk write diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,18 termasuk dalam kategori cukup.
Referensi
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mesterianti, M., Simarmata, M. Y., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 102. doi:10.31571/edukasi.v17i1.1083
Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kosasih, E. (2019). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Minarsih, N. M. L., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 35-42. doi:10.23887/jp2.v3i1.24359.
Mulyani, R., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 374. doi:10.24036/108222-019883.
Noermanzah, N., Abid, S., & Aprika, E. (2018). Pengaruh Teknik Send a Problem terhadap Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 172. doi:10.31539/kibasp.v1i2.273
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Putri, R. D., & Syahrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 66-72. doi:10.24036/104513-019883
Rabawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi. Mimbar Ilmu, 25(1), 141-148. doi:10.23887/mi.v25i1.24771
Semi, M. A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumayyah, S., Mustadi, A., & Harun, H. (2019). Penilaian Aktivitas Siswa dalam Keterampilan Menulis melalui Model Think Talk Write. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 23. doi:10.25273/pe.v9i1.3966
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Zuhriandini, K. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas V SDN 26 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 41-46, doi:10.33578/jpfkip.v9i1.7836