Pola Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Daring SMP Plus Citra Madhinatul Ilmi (CMI)

  • Akhmad Syakir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Jamiatul Hamidah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Istiqamah Istiqamah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Kata Kunci: pola pendidikan, karakter religius, pembelajaran daring, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendidikan karakter religius terhadap siswa yang dilaksanakan di SMP Plus Citra Madhinatul Ilmi (CMI) terutama dalam pembelajaran daring. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus. Sumber data penelitian diambil dari wawancara kepada informan yang terdiri atas kepala sekolah, guru kelas, guru bahasa Indonesia, guru bahasa Inggris, dan guru Matematika. Data penelitian diambil melalui wawancara secara mendalam kepada seluruh informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai pendidikan karakter terhadap siswa SMP Plus Citra Madhinatul Ilmi (CMI) tetap bisa dilakukan dalam pembelajaran daring. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di sekolah yaitu nilai religius, nasionalisme, integritas, mandiri, dan gotong-royong. Pola pendidikan karakter religius dalam pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan berbagai media yang mudah diakses serta kerja sama antara orang tua dengan guru dalam hal pengawasan terhadap siswa.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

##submission.authorWithAffiliation##

Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

##submission.authorWithAffiliation##

Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Referensi

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Almu’tasim, A. (2016). Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam (Berkaca Nilai Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1). doi:10.18860/jpai.v3i1.3994

Anggito, A. & Setiawan, J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin. Diambil dari https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Atmazaki, A., Agustina, A., Indriyani, V., & Abdurahman, A. (2021). Teachers Perception of Character Education Integration in Learning Language. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.32276

Bungin, M. B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Gunawan, R., Suyitno, S., & Supriyadi, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Religius dan Cinta Tanah Air Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 339–366. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1238

Hamirul, H. (2021). Pendidikan Karakter di Usia Dini untuk Mencegah Korupsi. Jakarta: CV. Pustaka Learning Center.

Lickona. (2018). Character Education for 21st Century Global Citizens. In Endah Retnowati (Ed.), Character Education for 21st Century Global Citizens (p. 93). https://doi.org/10.1201/9781315104188

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia., 8(1), 16–24.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Widyastuti, O. A., Sudarmanto, E., Silitonga, B. N., Ili, L., Fransiska, S. R., Khalik, M. F., & Silitonga, B. N. (2021). Perencanaan Pembelajaran (J. Simarmata, ed.). Buku Elektronik.

Yin, R. K. (2012). Applications of Case Study Research. New York: Sage Publication.
Diterbitkan
2021-12-30
##submission.howToCite##
Syakir, A., Hamidah, J., & Istiqamah, I. (2021). Pola Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Daring SMP Plus Citra Madhinatul Ilmi (CMI). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 478-488. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1350