EVALUASI PEDOMAN (ALAT PENILAI) PENYUSUNAN KARAKTERISTIK TES (SOAL) BAHASA INDONESIA RANAH KOGNITIF BERBASIS HOTS

  • Didi Yulistio Universitas Bengkulu
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari
Keywords: Kemampuan, Mengevaluasi, Pedoman, Penilaian, HOTS.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengevaluasi pedoman (alat penilai) Penyusunan Karakteristik Tes (Soal) bahasa Indonesia Ranah Kognitif berbasis HOTS pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini berkaitan dengan analisis evaluatif pedoman (alat penilai) penyusunan karakteristik tes (soal) bahasa Indonesia ranah kognitif berbasis HOTS meliputi; aspek menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6) dan penerapannya pada soal BI untuk Kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif deskriptif dan pendekatan kuantitatif serta prosedur penelitian PTK. Data penelitian ini berupa pedoman (alat penilai) penyusunan karakteristik tes (soal) bahasa Indonesia ranah kognitif berbasis HOTS untuk kelas X SMA. Sumber data penelitian ini mahasiswa semester III Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman evaluasi (alat penilai) untuk penyusunan tes (soal) bahasa Indonesia berbasis HOTS untuk kelas X SMA. Analisis data menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif melalui rumus rerata. Hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengevalusi pedoman (alat penilai) penyusunan karakteristik tes (soal) bahasa Indonesia ranah kognitif berbasis HOTS. Hal ini dapat dilihat dari hasil PTK pembelajaran pada siklus I berkategori baik (rerata nilai 70,7) meningkat pada siklus II berkategori lebih baik (rerata nilai 81,7) dengan deskripsi bahwa karakteristik soal bahasa Indonesia sudah disusun sesuai tujuan pembelajaran yang menggunakan kata kerja operasional level penalaran (HOTS) aspek menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Hasil ini diikuti dengan perubahan aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran pada siklus I berkategori aktif meningkat pada siklus II menjadi berkategori sangat aktif. Khususnya, perubahan aktivitas mahasiswa pada sikap disiplin, bertanggung jawab, bekerja sama, kemandirian, dan kejujuran

References

Bachman, Lyle J. 1990. Fundamental Cosiderations in Language Testing. New York: Oxford University Press.
Clay, M. M. 2001. Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.
Gronlund, Norman E. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mcmillan Publishing Company.
Harsiati, Titik. Agus Trianto, dan E. Kosasih. 2017. Buku Guru: Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa untuk SMP/MTs Kelas VIII (Edisi revisi). Jakarta: Kemendikbud.
Harsiati, Titik. Agus Trianto, dan E. Kosasih.n2017. Buku Siswa: Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa untuk SMP/MTs Kelas VIII (Edisi revisi). Jakarta: Kemendikbud.
Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.
Wiwik Setiawati, dkk. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS): Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud.
Yulistio, Didi. 2022. “Kemampuan Mahasiswa Menganalisis Tes (Soal Bahasa Indonesia Sesuai Aspek Ranah Kognitif Model Anderson dan Krathwohl”, Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. Vol 5, Nomor 1, halaman 1-21, 2022.
Published
2024-06-21
How to Cite
Yulistio, D., & Nugroho, A. (2024). EVALUASI PEDOMAN (ALAT PENILAI) PENYUSUNAN KARAKTERISTIK TES (SOAL) BAHASA INDONESIA RANAH KOGNITIF BERBASIS HOTS. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(1), 31-49. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2763