PENGGUNAAN METODE FONIK BERBANTUAN FUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

  • Endah Meilani Sari Universitas Sindang Kasih Majalengka
  • Jaki Yudin Universitas Sindang Kasih Majalengka
  • Lanlan Muhria Universitas Sindang Kasih Majalengka
Keywords: metode fonik; fuzzle, keterampilan membaca; membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif solusi terhadap rendahnya keterampilan membaca permulaan pada anak usia Sekolah Dasar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan metode fonik berbantuan fuzzle. Melalui penggunaan metode ini, diharapkan terjadi peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa. Jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari dua siklus, tindakan dilakukan dalam empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada keterampilan membaca permulaan peserta didik dengan metode fonik berbantuan fuzzle menunjukkan peningkatan pada aspek ketuntasan belajar peserta didik di setiap siklus. Misalnya, pada siklus I, 21 peserta didik mencapai KKM dengan prosentase 75%, nilai rata-rata 71,25, dan pada siklus II, 24 peserta didik mencapai KKM dengan prosentase 86%, nilai rata-rata 73,04%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aspek ketuntasan belajar peserta didik di setiap siklus. Dengan demikian, maka penggunaan metode fonik berbantuan fuzzle mampu menuntaskan dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik

References

Abdurakhman, R. N., Lawej, A. I., & Herlina, N. (2022). The Influence of Project-Based Outdoor Learning Activities on Children’s Independence Development. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v1i2.15
Akbar, K. (2022). Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Qiroah, 12(1), 69–90. https://doi.org/10.33511/qiroah.v12n1.69-90
Anam, Moh. K., Hapsari, F. A., & Sari, R. N. Y. (2023). Mengatasi Keterlambatan Menulis dan Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode BIBIKU LISA (Bimbingan Khusus Menulis dan Membaca). Edukasia: Jurnal Pendidikan, 10(2), 31–41. https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4707
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Ariyanti, F. (2022). Penggunaan Metode Fonik (Phonic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia di Kelas 1 SD Negeri 187/1 Teratai. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(1), 16–20. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i1.552
Azhar, A. (2003). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Cheriebelle, C., & Markus, I. M. (2023). Pengaruh Sustained Silent Reading Terhadap Motivasi Membaca, Pengetahuan Kosakata, dan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas 1E Sekolah Dasar Swasta X di Jakarta Barat [Effect of Sustained Silent Reading to Reading Motivation, Vocabulary Knowledge, and Reading Comprehension of Elementary School X Grade 1 Students in West Jakarta]. Jurnal Teropong Pendidikan, 2(2), 151. https://doi.org/10.19166/jtp.v2i2.6388
Darmawanti, A. A. S. (2022). Aplikasi Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 201–209. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i2.773
Fat, E. (2022). Peningkatan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Melalui Pengukuran Indeks Gemar Membaca (IGM). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 341. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5498
Fauziah, H., & Hidayat, M. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar “Ayo Belajar Membaca” dan ”Marbel Membaca” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4825–4832. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2944
Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94.
Hanifah, A., Febriani, F., Nopriyana, F., Fadhilah, M. Y., Aeny, N. N., Mulyani, S., Putri, W. N. S., & Hidayati, I. N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Metode Fonik Melalui Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. DEVOSI, 4(2), 137–144. https://doi.org/10.33558/devosi.v4i2.7268
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307.
Hildayanti, A., Ibrahim, R. D., Suardi, D., & Nugraha, R. A. (2023). Pendampingan Kemampuan Literasi Anak Melalui Pembelajran Fonik. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 72–78. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i4.1798
Hisda, W. T., Yusnan, M., Firasti, F., Purwaningsih, T., & Aras, L. O. (2023). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3019
Imron, A. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Siswa Dan Kemampuan Memahami Membaca Mereka. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.43-49
Irnanda, E., Kurniaman, O., & Mulyani, E. A. (2022). Pengembangan Blog Literasi Membaca untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5091–5102. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2806
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Kemmis, & Mc. Taggart. (2010). The Action Research Planner. Deaken Univercity Press.
Lee, H., Kim, S., & Cha, S. K. (2022). Fuzzle: Making a Puzzle for Fuzzers. Proceedings of the 37th IEEE/ACM International Conference on Automated Software Engineering. https://doi.org/10.1145/3551349.3556908
Lorensus, V. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Materi Membaca Menindai dengan Menerapkan Metode STAD pada Siswa. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(4), 514–521. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i4.466
Lubis, E. M. S., Suryani, D. R., Fitriani, F., & Safitri, A. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan bagi Anak Usia Dini melalui Media Fuzzle Interaktif. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.7908
Maeja, J. D., & Laka, L. (2023). Budaya Membaca Mahasiswa Ditinjau dari Minat Membaca. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 305–317. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.4072
Maksum, A. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Membaca. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 197–210. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.5026
Mardhotillah, W. L., & Qura, U. (2023). Pengaruh Metode SAS terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Kelas 1 SDIT Islamia. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 401. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1259
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.
Miles, M. B., & Huberman, M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Universitas Indonesia.
Muchtar, F. Y., Ramadhani, N. F., Rahmi, M., Nurjanna, N., R, W., & S, M. I. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Sway pada Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 14608–14614. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2516
Mulyawan, R., Guntur, G., & Rismayanthi, C. (2022). Literasi Membaca Mahasiswa Olahraga. LITERA, 20(3), 502–516. https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.43997
Mustikawati, M., & Fitriani, S. N. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran ACM (Aku Cepat Membaca) dalam Meningkatkan Literasi Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 76–96. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.726
Nurhasnah, Viviandhari, D., & Maifitrianti. (2022). Gerakan “Aku Senang Membaca” Melalui Pembentukan Taman Baca Anak Serta Pelatihan Membaca dan Health Literacy. Kawanad: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.56347/kjpkm.v1i2.46
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597.
Pratomo, H. W., & Kuswati, Y. (2022). The Effect of Teacher Motivation on Student Achievement in Islamic Senior High School. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v1i2.17
Puji, P. R. N., & Kusumaningrum, D. (2023). Pengembangan Media Membaca Karpaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(2), 81–92. https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.2825
Puspita, C. E. (2023). Keterampilan Pemahaman Siswa Terhadap Keterampilan Membaca. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/c2yhp
Putra, M. F. P. (2022). Belajar Mengenal Huruf, Membaca, dan Menulis Bersama Melalui 3P: Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Asli Papua. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 77–82. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3558
Rimah Dani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli, N. (2023). Variasi metode dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372–379.
Santi, N. P. I. K., Indrawan, I. N., Dewi, I. A. A. C. S., Danggur, M. D. S. D. A., & Adipurwa, A. A. T. A. (2022). Penerapan Metode Fonik Dan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menabuh Gamelan di Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.59997/awjpm.v1i1.886
Saputra, A., Suharman, S., & Rismawar, R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Fonik Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa MIN 17 Aceh Barat. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(2), 711–718. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.2006
Saragih, Y. K., & Sinaga, R. P. K. (2022). Meningkatkan Minat Membaca Anak Anggota Sanggar Pelita Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(2), 299–303. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.582
Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870
Setiani, R., Ratnaningsih, A., & Widiyono, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Metode Speed Reading. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 850–856. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1118
Simanihuruk, H., Sihombing, E. L. Br., Telaumbanua, S., & Riana, R. (2022). Hubungan Antara Kegelisahan Membaca Dengan Membaca Pemahaman Kelas VII SMPN 7 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 413–417. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.180
Simanjuntak, K. S. K., & Siregar, R. S. (2023). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Riyadhah, 1(1), 111–124.
Solihin, R. K., Muhria, L., Wiarsih, A., & Supriatna, N. (2024). Students’ Perception on Using Google Classroom to Improve English Writing Skills. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v3i1.96
Vianney, V. S., & Ginting, D. (2023). Strategi Membaca Teks Naratif Bahasa Mandarin Mahasiswa di Kelas Membaca. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 7(1), 120–138. https://doi.org/10.33479/klausa.v7i1.743
Wekke, I. S. (2023a). Membaca Dengan Kritis. Menjadi Mahasiswa Pascasarjana. https://doi.org/10.21428/42a65d4a.4f369406
Wekke, I. S. (2023b). Membaca, Mengamati, Diskusi, dan Berlatih. Menjadi Mahasiswa Pascasarjana. https://doi.org/10.21428/42a65d4a.36e58a61
Widiani, L. L. S., Riastini, P. N., & Wirabrata, D. G. F. (2022). Aplikasi Android Belajar Membaca (KEJARBACA): Minat Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 483–491. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52568
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377.
Wulandari, T. R., Kurniaman, O., & Permana, D. (2023). Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 3(6), 1271–1282. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1858
Yandha, K. N., Handoko, Y., & Karnawati, T. A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Mahasiswa Di Kampus SAE Indonesia Jakarta. EDUPEDIA, 7(2), 200–205. https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2196
Yuliastanti, T., Nurrahma, H. A., & Siradz, B. F. (2024). Utilization of YouTube for Developing Communication Skills and Imagination in Preschool Children: A Parent’s Perspective. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v3i1.102
Yunaini, N., & Winingsih, D. Y. (2022). Implikasi perkembangan kognitif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Cendekiawan, 4(2), 78–86.
Zainuddin, Z., & Hardiansyah, F. (2023). Pelatihan Pembuatan dan Penerapan Aplikasi LABA (Lancar Membaca) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 Di Sekolah Dasar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2023.4.2.174-184
Published
2024-12-24
How to Cite
Sari, E., Yudin, J., & Muhria, L. (2024). PENGGUNAAN METODE FONIK BERBANTUAN FUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(2), 116 - 133. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i2.3266