PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BAHASA PRANCIS TINGKAT A2

  • Annisa Nurfitriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tri Indri Hardini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yadi Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Menulis kreatif merupakan keterampilan produktif yang menuntut kemampuan mengembangkan ide dan menyusun cerita secara imajinatif dan terstruktur. Media gambar berseri berperan sebagai alat bantu visual yang merangsang imajinasi dan membantu dalam menuangkan cerita secara runtut ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana media gambar berseri dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menulis kreatif bahasa Prancis tingkat A2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dan desain One Shot Case Study dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel purposif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dari 23 mahasiswa, sebagian besar mampu menulis secara kreatif dengan struktur yang cukup baik. Sebanyak 8 mahasiswa memperoleh nilai sangat baik, 5 mahasiswa mendapat nilai baik, 9 mahasiswa dengan nilai cukup, dan 1 mahasiswa dengan nilai kurang. Hasil angket pun menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media gambar berseri. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat digunakan sebagai media pendukung dalam keterampilan menulis kreatif bahasa Prancis tingkat A2.

References

Achmad, H. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 41-47.
Ahiskali, E. E., & Maltepe, S. (2023). The Effect of Creative Writing Activities on Pre-Service Teachers' Narrative Text Composing Skills. Journal of Pedagogical Research, 7(4), 263-274.
Anshary, D., Mulyadi, Y., & Mutiarsih, Y. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Task Based Language Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Perancis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 245-254.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179-196.
Brookes, I., & Marshall, M. (2004). Good Writing Guide. New York: Harap Publishers Ltd.
Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 103–111.
Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media Pembelajaran: Teori Dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Padang: CV. Azka Pustaka.
Hasan, H. (2022). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 111-117.
Hasanah, F., & Saefullah, N. H. (2017). Srategi Belajar Efektif Bagi Pembelajar Pemula Bahasa Perancis Di Madrasah Aliyah Negeri Model Babakan Ciwaringin Majalengka-Cirebon. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(3), 200-203.
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125.
Larkin, S. (2009). Socially Mediated Metacognition And Learning To Write. Thinking Skills and Creativity, 4, 149-159.
Lee, S. M. (2019). Her Story Or Their Own Stories? Digital Game-Based Learning, Student Creativity, And Creative Writing. ReCALL, 31(3), 238-254.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Mackenzie, R. (2025). What is Creative Writing? | An Introduction for Students. Diakses pada 13 Februari 2025, dari https://oxfordsummercourses.com/articles/what-is-creative-writing.
Maharini, M. T., & Sari, A. (2024). Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris dengan Menggunakan Ilustrasi Gambar. Lentera Pengabdian, 2(01), 62-73.
Mardhiyah, A. M. (2019). Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Prancis (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179.
Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif Melalui Permainan Tebak Cerita. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81-87
Nurani, A., Al Muhar, M. A. G., Fauziah, S. A., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Genre Based Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(1), 152-173.
Oral, G. (2012). Yine yazı yazıyoruz. Ankara: Pegem Akademi.
Paramita, R. W. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi 1. Lumajang: Widya Gama Press.
Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11).
Rocheleau, J. (1995). Le Concept De Média D'apprentissage. Journal Of Distance Education, 10, 1-16.
Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 63-78.
Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Vii. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43.
Sari, A. R., Susanto, D. A., & Rahayu, D. B. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Explanation Pada Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas Xi IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 93-106.
Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan. Jurnal : Simki Pedagogja, 1(8).
Sunendar, D., Cahyani, D., & Mulyadi, Y. (2014). Implementasi metode ecriture créative berbasis budaya lokal untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa perancis level B1 DELF. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 229-240.
Tok, S., & Kandemir, A. (2015). Effects of Creative Writing Activities on Students’ Achievement in Writing, Writing Dispositions and Attitude to English. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1635-1642.
Yulia, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kanji Dasar Melalui Gambar Piktogram. Prosiding MINASAN, 4, 9-17.
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228-234.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
Published
2025-06-27
How to Cite
Nurfitriani, A., Hardini, T., & Mulyadi, Y. (2025). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BAHASA PRANCIS TINGKAT A2. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 8(1), 11-24. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v8i1.3415