MODEL EXPERIENTAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERİ CAHAYA DAN OPTIK

  • Farel Razaq Wardhana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Muhammad Rahmad Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Yennita Yennita Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: light,experiential learning , concept understanding, optics

Abstract

In physics learning, students are expected to be able to understand physics concepts thoroughly and be able to relate them to the phenomena they encounter. Based on SMAN 6 Pekanbaru, researchers highlighted that educators often find that students have concepts that are different from scientific concepts. So it is necessary to research on understanding concepts with the help of innovative learning models. The aim achieved is to determine the effect of Experiential Learning on increasing class XI students' understanding of concepts in light and optics. Quasi Experiment is the method used with a Posttest-Only Control Design. The results of the posttest understanding of concepts in the experimental class were superior to those in the control class. We can conclude that understanding of concepts in class XI light and optics at SMAN 6 Pekanbaru can be improved through the application of the Experiential Learning model.

 

References

Ananda, R., & Fadhila, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan . Medan: CV. Widya Puspita.

Budiwanto, S. (2017). Metodologi Penelitian dalam Keolahragaan. Malang: Penerbit & Percetakan (UM Press).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Felisima Tae, L., Ramdani, Z., Galih, D., & Shidiq, A. (2019). Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains Thematic. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1). 79-101.

Hariri, A. C., & Yayuk, E. (2017). Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203.

Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi . Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86–94.

Karsimen, Khaeruddin, & Herman. (2019). Analisis Kemampuan Menafsirkan dalam Pembelajaran Fısıka Peserta Dıdık Kelas X SMA Negerı 12 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF) 15(3), 63–70.

Lambaga, I. A. (2019). Tinjauan Umum Konsep Fisika Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Magdalena, I. (2022). Konsep dan Teori Micro Teaching. Sukabumi: CV Jejak.

Mufida, A., & Qosyim, A. (2020). Implementasi Experiental Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. . Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 307–314.

Murdani, E. (2020). Konsep dan Teori Teaching. Sukabumi: CV Jejak.

Novitasari, N. (2016). Profıl Kemampuan Memahami Materı Dinamika Partikel Pada Siswa SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Oktober 2016. UNJ, Jakarta.

Nuryadi, et al. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Parwati, N. N. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Permana, I., Syihab Ikbal, M., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika antara Model Pembelajaran Inkuiiı Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikafi. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86-94.

Putri, H. K., Indrawati, & Mahardika, I. K. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbng Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321–326.

Sandra, E., Tandililing, E., Program, E. O., Pendidikan, S., Fkip, F., & Pontianak, U. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton di SMA Negerı 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10), 1-8.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 159–168.

Sutriana, E. (2019). Deskripsi Penerapan Model Experiental Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Sinjai. Mathematics Journal , 1–11.

Syahza, A. (2021). Metodologı Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Pekanbaru: UR Press.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Univesitas PGRI Madiun, 3(1), 1-12.

Wahyuningsih, D., Wahyuni, S., & Program Studi Pendidikan Fisika, M. (2014). Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK dalam Pembelajaran Menggunakan Model Experiental Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 70-76.

Widiadnyana, I. W. , S. I. W. , & S. I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13.
Published
2024-12-19