PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP NEGERI PASENAN

  • Ovilia Putri Utami Gumay
  • Muhammad Ali

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN Pasenan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMP Negeri Pasenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel pada  penelitian terdiri dari dari satu kelas diambil secara acak dengan cara diundi yaitu kelas VII.1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk essay berjumlah sepuluh butir soal. Dengan nilai rata-rata pretest yaitu 43,58 dan nilai rata-rata posttest yaitu 78,93 sehingga terjadi peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 35,35, data ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir dengan taraf kepercayaan 95 % di dapat (6,54) dan (1,697) karena berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh kesimpulan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri Pasenan.           

Referensi

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media & Strategis Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya
Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada. Jurnal (JIM) Pend.Fisika,1.(3) Juli 2016.(42-48). Tgl. 22 Agustus 2017
Kurniasih, Berlin. 2015.Ragam PengembanganModel Pembelajaran untuk MeningkatkanProfesionalisme Guru. Jakarta:Kata Pena
Kiranawati.2011.Model Pembelajaran Picture and picture berpengaruh berbantu kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam pembelajaran IPAkelas V SD Gugus Budi Utomo. e-jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha :2(1):4
Diterbitkan
2019-06-28