PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA GURU SD IT MUTIARA CENDEKIA LUBUKLINGGAU

  • Lucy Asri Purwasi 085382384075
  • Nur Fitriyana Universitas PGRI Silampari
  • As Elly s Universitas PGRI Silampari
  • Denny Alfian Politeknik Negeri Sriwijaya
Kata Kunci: pelatihan, media, e-learning, schoology

Abstrak

Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk  meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para guru dalam menerapkan pembelajaran E-learning berbasis schoology, dan 2) melalui kegiatan ini dapat memotivasi para guru dalam menerapkan pembelajaran E-learning berbasis schoology guna mengoptimalkan pembelajaran berbasis ICT.  Satuan pendidikan dasar di Kota Lubuklinggau terdiri dari sekolah dasar negeri maupun swasta, yang salah satunya adalah Sekolah Dasar IT Mutiara Cendekia, yang merupakan mitra pada kegiatan pengabdian ini. Sekolah Dasar IT Cendekia Mutiara lubuklinggau merupakan salah satu SD swasta yang memiliki  fasilitas yang sudah lengkap, termasuk sudah memiliki laboratorium komputer.  Peserta pelatihan merupakan guru kelas Sekolah Dasar IT Mutiara Cendekia yang berjumlah 32 orang. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dengan waktu minimum 32 jam. Adapun metode pelaksanaan kegiatan, yaitu: 1) tahap persiapan dan observasi, 2) tahap sosialisasi, 3) tahap pelaksanaan, dan 4) tahap evaluasi. Hasil ketercapaian kegiatan ini adalah 1) jumlah peserta dinilai antusias dengan diikuti 32 orang guru, lebih dari jumlah peserta yang ditargetkan, dan 2) respon guru terhadap media e-learning berbasis schoology menunjukkan ketertarikan dan respon sangat baik dengan persentase angket respon mencapai 85%.

Referensi

Amiroh, F. (2013). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom dengan Peer Instruction Flipped terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 12(9), 235-251.
Cucus, A., Aprilinda, Y., & Endra, R. Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 7(1), 1–5.
Damai, I. W. (2021). Inovasi Pembelajaran E-Learning Matematik Melalui Flatform Era Covid 19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 121–133.
Krisdianto, B. F., Mansur, A. R., Wahyuni, I. S., Silvana, M., Febrina, R., Febriyanton, T., & Yuni, A. R. (2020). Pemberdayaan Guru SDN 03 Kampung Olo, Nanggalo, Padang dalam Pembuatan Video Pembelajaran tentang Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS). Warta Pengabdian Andalas: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 27(4), 279–288.
Mulyono, D & Asmara, Y. (2020). Workshop Pemanfaatan E-Learning Schoology Dalam Pembelajaran Pada Guru Smpbakti Ibu 11 Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 173-183.
Murni, C. K. (2016). Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X TKJ 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo. Jurnal It-Edu, 1(01), 86–90.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 1199–1209.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51–64.
Putra, H., Hanim, H., & Kartika, A. D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada SMAN 1 Bukittinggi Menggunakan Schoology. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4a), 354–360.
Rahmadoni, J., Arifnur, A. A., & Wahyuni, U. M. (2020). Penerapan Schoology Sebagai Learning Management System Bagi Guru SMAN 1 Sutera. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(2), 129–137.
Rahmawati, N. T., & Sugianto. (2016). Unnes Journal of Mathematics Education Research Abstrak © 2016 Universitas Negeri Semarang. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 24–31.
Salim, S., Jazuli, L. O. A., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 151–158.
Sriyatun, S., Masrukan, & Wardono. (2018). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Kuantum Metode Mind Mapping Berbantuan Schoology Berdasarkan Minat. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 145–154.
Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127–138.
Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315.
Susilo, B., Efendi, R., & Maizora, S. (2018). Membangun Pembelajara Berbasis Web (E-Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 21–26.
Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1–10.
Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 96–101.
Umoh, J. B., & Akpan, E. T. (2014). Challenges of Blended E-Learning Tools in Mathematics: Students’ Perspectives University of Uyo. Journal of Education and Learning, 3(4), 60–70.
Widayoko, A. (2021). Penggunaan LMS Schoology Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Fluida Statis Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 13–19.
Diterbitkan
2022-06-03