Pelatihan Dirigen: Memahami Kegiatan Memimpin Paduan Suara di SDN 25 Tebing Tinggi

  • Willy Lontoh Universitas PGRI Silampari
  • Sari Pertiwi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Artikel ini berisi laporan kegiatan peningkatan keterampilan dirigen di SDN 25 Tebing Tinggi. Kegiatan ini memiliki 2 tujuan jangka panjang yaitu menyamaratakan pemahaman tentang cara memimpin paduan suara bagi para dirigen maupun calon dirigen serta menambah kebaruan informasi pada Ilmu Pengetahuan Seni Indonesia tentang kemampuan dirigen di sekolah-sekolah Indonesia. Kegiatan ini menerapkan metode pelaksanaan yang dimulai dengan analisis masalah pada bidang seni musik. Permasalahan yang diangkat yaitu kesalahan-kesalahan dirigen dalam memimpin kelompok paduan suara. Tahapan selanjutnya yaitu penetapan mitra kegiatan. SDN 25 Tebing Tinggi yang ditetapkan atas pertimbangan bahwa dirigen sekolah ini dapat dikatakan telah memahami cara memimpin paduan suara, akan tetapi belum memahami secara mendalam tentang ketukan sebuah lagu, nilai notasi, serta suasana yang terkandung pada lagu-lagu upacara bendera. Tahap ketiga yaitu analisis permasalahan mitra serta solusi atas permasalahan tersebut. Permasalahan mitra terdiri dari kurangnya pemahaman mitra tentang ketukan sebuah lagu, nilai sebuah notasi, serta suasana yang terkandung pada lagu upacara bendera. Lalu solusi atas permasalahan mitra yaitu pelatihan dirigen dengan materi awal yaitu ketukan sebuah lagu, nilai sebuah notasi, serta suasana yang terkandung pada lagu-lagu upacara bendera. Pelatihan ini dimulai dengan penyampaian materi menggunakan media audio visual yang kemudian disempurnakan dengan praktik secara langsung oleh penulis.

References

Cianjur. (2023), “Viral aksi seorang guru SD di Caringin, Sukabumi saat menjadi dirigen di upacara HUT ke-78 RI”, Diambil dari https://www.tiktok.com/@radar_cianjur/video/7270756833160088838

Hidayatullah, R. (2017), Lanskap Musik Nonteks, Bandar Lampung, arttex.

Ichsan, J.R., Suraji, M.A.P., Muslim, F.A.R., Miftadiro, W.A., & Agustin, N.A.F. (2021), “Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III, 183-188.

Kemendikbud. (2018), “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera Di Sekolah”, Diambil dari https://pendidikan.kulonprogokab.go.id/files/Permendikbud%2022%20Tahun%202018%20Pedoman%20Upacara%20Bendera.pdf

Puspawatie, S. (2019), “Strategi Pengelolaan Paduan Suara Perguruan Tinggi: Studi Kasus Paduan Suara Mahasiswa Universitas Palangkaraya”, Journal of Music Science, Technology, and Industry, 2 (2), 219-230.

Sudijono, A. (1996), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Sukma, I. (2022), “PKM Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Seni Melalui Pelatihan Dirigen dalam Pemahaman Lagu Indonesia Raya dengan Metode Direksi”, Jurnal Pengabdian Seni Pertunjukan, 1 (2), 89-104.
Published
2025-06-09