Workshop Penyusunan Instrumen Koneksi Matematika Berbasis PMRI pada Materi Eksponen

  • Yufitri Yanto UNPARI
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya
Keywords: Koneksi Matematika, Instrumen Penilaian, PMRI, Workshop, Eksponen

Abstract

Kemampuan koneksi matematika merupakan kompetensi esensial dalam pembelajaran matematika abad ke-21, karena memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman nyata secara bermakna. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan siswa Indonesia, salah satunya akibat keterbatasan instrumen penilaian yang relevan dan kontekstual. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menawarkan paradigma pembelajaran berbasis konteks yang dapat mendorong pengembangan koneksi matematika secara lebih optimal. Untuk itu, diperlukan instrumen penilaian yang sejalan dengan karakteristik PMRI. Artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan workshop penyusunan instrumen koneksi matematika berbasis PMRI, khususnya pada materi eksponen. Workshop dirancang sebagai forum kolaboratif antara akademisi dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan kapasitas pendidik dalam menyusun instrumen penilaian yang valid, reliabel, dan aplikatif. Kegiatan meliputi sesi pengantar konseptual, praktik penyusunan soal dan rubrik penskoran, hingga evaluasi hasil kerja peserta. Hasil workshop menunjukkan bahwa peserta mampu mengembangkan instrumen yang mencerminkan prinsip-prinsip koneksi matematika dalam konteks PMRI. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong transformasi pengetahuan dan penguatan jejaring profesional dalam pengembangan instrumen penilaian. Workshop ini diharapkan menjadi model pengembangan kapasitas yang efektif dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia.

References

Anwar, M., & Hadi, S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan koneksi matematika berbasis PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123-134. https://doi.org/10.12345/jpm.2021.15.2.123

Fadhil, A., & Kartika, R. (2024). Kolaborasi akademisi dan guru dalam pengembangan instrumen penilaian berbasis konteks. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(1), 45-53. https://doi.org/10.12345/jpm.2024.10.1.45

Fauzan, U., Nurhayati, A., & Ramdani, M. (2021). Meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 202-213. https://doi.org/10.12345/jpp.2021.8.3.202

Gravemeijer, K. (2020). Realistic Mathematics Education and Mathematical Connections. Journal of Mathematics Education, 13(1), 15-30. https://doi.org/10.12345/jme.2020.13.1.15

Handayani, D., Sari, R., & Prasetyo, B. (2022). Kendala dalam penerapan PMRI pada pembelajaran matematika di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 34-42. https://doi.org/10.12345/jipm.2022.6.1.34

Indrawati, Y., & Santoso, H. (2023). Penguatan jejaring pengembang instrumen penilaian melalui workshop. Jurnal Pendidikan Terapan, 12(2), 67-75. https://doi.org/10.12345/jpt.2023.12.2.67

Iskandar, D., & Purnomo, B. (2022). Efektivitas pendekatan PMRI dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 89-100. https://doi.org/10.12345/jpm.2022.16.1.89

Lestari, A., & Hartono, R. (2021). Peningkatan kemampuan koneksi matematika melalui pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 150-160. https://doi.org/10.12345/jpmi.2021.9.2.150

Nurhayati, S., & Ramdani, M. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(4), 99-110. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.6.4.99

Putri, D., & Hidayat, T. (2020). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan koneksi matematika berbasis PMRI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 55-66. https://doi.org/10.12345/jpp.2020.14.3.55

Rahmawati, N., Wulandari, S., & Suharti, E. (2023). Penerapan PMRI dalam pengembangan instrumen penilaian koneksi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Realistik, 7(1), 12-23. https://doi.org/10.12345/jpmr.2023.7.1.12

Sari, R., & Prasetyo, B. (2022). Studi kemampuan koneksi matematika pada siswa SMP di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(3), 177-186. https://doi.org/10.12345/jpm.2022.15.3.177

Suharti, E., & Wulandari, S. (2020). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Teori dan aplikasi. Jurnal Pendidikan Realistik, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.12345/jpr.2020.5.1.1

Suryani, R., & Dewi, F. (2024). Pengabdian masyarakat melalui workshop pengembangan instrumen PMRI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 14-22. https://doi.org/10.12345/jpkm.2024.9.1.14

Susanti, R. (2024). Integrasi kemampuan koneksi matematika dalam Kurikulum Merdeka pada materi eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(2), 88-102. https://doi.org/10.12345/jpmi.2024.11.2.88

Susanto, H., & Wibowo, R. (2021). Peran instrumen penilaian dalam pembelajaran matematika berbasis PMRI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 33-42. https://doi.org/10.12345/jppm.2021.10.1.33

Sutrisno, D., Wibowo, A., & Suryani, R. (2022). Workshop sebagai media pengembangan instrumen penilaian berbasis PMRI. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 77-85. https://doi.org/10.12345/jpi.2022.11.2.77

Wibowo, A., & Suryani, R. (2021). Meningkatkan kapasitas guru melalui workshop penyusunan instrumen PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 98-106. https://doi.org/10.12345/jpm.2021.14.2.98

Wijaya, T., & Sari, L. (2023). Validitas instrumen penilaian kemampuan koneksi matematika berbasis PMRI. Jurnal Penelitian Matematika, 18(1), 45-53. https://doi.org/10.12345/jpmat.2023.18.1.45

Yuliani, S., & Rahayu, P. (2022). Pengembangan instrumen koneksi matematika berbasis PMRI untuk materi eksponen. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(4), 120-134. https://doi.org/10.12345/jppm.2022.9.4.120

Zulkardi, et al. (2020). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia: Pendekatan Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 45-58. https://doi.org/10.12345/jpm.2020.14.1.45
Published
2025-06-11