PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM-SCHOOLOGY BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA/SMK KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Drajat Friansah STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Yufitri Yanto STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Kata Kunci: Pelatihan , Learning Management System, Schoology, MGMP Matematika

Abstrak

Pelatihan pemanfaatan e-learning menggunakan learning management system-schoology ini bertujuan untuk melatih ketrampilan guru matematika SMA Kabupaten Musi Rawas dalam menggunakan media pembelajaran internet berbasis Learning Management System menggunakan aplikasi web Schoology untuk membantu proses pembelajaran matematika. e-learning di internet dapat membantu guru mendistribusikan materi kepada siswa dengan melakukan interaksi secara online. Hal ini dapat memudahkan guru menyampaikan semua materi, latihan soal hingga evaluasi yang biasanya dilakukan di kelas dalam bentuk file yang bisa diakses oleh siswa melalui berbagai perangkat termasuk handphone di luar pembelajaran tatap muka. Kegiatan pelatihan Learning Management System-Schoology bagi guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Musi Rawas meliputi tahap: 1) sosialisasi materi LMS-Schoology 2) pelatihan, 3) diskusi, dan 4) tahap evaluasi akhir dan pemberian angket untuk mengetahui respon guru berkaitan dengan kegiatan pelatihan LMS-Schoology. Hasil dari respon guru terhadap kegiatan pelatihan dalam upaya meningkatkan ketrampilan merancang dan menggunakan teknologi dan informasi dalam pembelajaran matematika yaitu 62% guru menjawab sangat setuju, 38% guru menjawab setuju. Pendampingan ini diharapkan memberikan nilai tambah ilmu bagi guru dan menghasilkan produk pembelajaran berbasis e-learning yang bisa dilaksanakan dengan mudah dan juga bisa diakses kapanpun serta dilakukan dimana saja.

Referensi

Bishop, Jacob Lowell & Matthew A Verleger. 2013. The Flipped Classroom: A Survey of Research. Prosiding pada 120th ASEE Conference & Exposition, 23-26 Juni 2015.

DeGrazia, Janet L, John L, Falconer, Garret Nicodemus, and Will Medlin. 2012. Incorporating Screencasts into Chemical Engineering Courses. Proceedings of the ASEEAnnual Conference & Exposition, 2012. FIE 39th IEEE, pages 1-4.

Heru Suhartanto. 2010. Strategi Implementasi Sistem E-Learning untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Indonesia. Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia.

Kustandi, Cecep. 2017. Efektivitas E-Learning Berbasiskan Edmodo dan Schoology Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNJ Pada Matakuliah Profesi Pendidikan. Jurnal EducateVol.2 No.1.

Mcknight, Patrick dkk. 2003. A Review of Flipped Learning. USA: Pearson.

Nguyen, H & R. Toto. Flipping The Work Design In An Industrial Engineering Course. Education Conference, 2009.

Okmayura, F., Effendi, N., & Jefiza, A. 2018. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis LMS-Edmodo di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 89-92.

Sicat, Alvin S. (2015). Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research, Vol, 3(1). 162.

Turiono, Purwanto, Y. dan Soeleman, A. 2009. E-Learning Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 5(2): 726-739

Widiantoro, Benny. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semikonduktor Di Smkn 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 4(2): 501 – 506
Diterbitkan
2020-06-29