Value Capture Pada Sekolah Swasta Berbasis Islam Terpadu
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul, dan sektor pendidikan di Indonesia terus berkembang, termasuk dalam bidang pendidikan berbasis agama yang salah satunya adalah model pendidikan yang banyak diminati adalah sekolah swasta berbasis Islam terpadu. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan value capture pada sekolah swasta berbasis Islam Terpadu. Konsep value capture ini merujuk pada bagaimana sekolah-sekolah tersebut dapat mengoptimalkan nilai dari sumber daya yang dimiliki, seperti teknologi, tenaga pengajar, dan kurikulum, untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Artikel ini menggambarkan bagaimana sekolah swasta berbasis Islam Terpadu dapat mengimplementasikan value capture sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing dan kualitas layanan pendidikan yang mereka tawarkan. Tujuan dari penelitian ini memberikan referensi yang relevan untuk mendalami konsep dan penerapan value capture dalam konteks Pendidikan dengan melihat bagaimana sekolah-sekolah ini berhasil meningkatkan nilai tambah melalui integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar, serta pengembangan program-program ekstrakurikuler berbasis Islam Terpadu yang menarik minat siswa dan orang tua. Selain itu, kebijakan manajemen dalam mengelola sumber daya secara efektif juga berperan penting dalam mendukung penerapan value capture. Implikasi penelitian ini memberikan pandangan bahwa strategi value capture dapat menjadi salah satu faktor kunci bagi sekolah swasta berbasis Islam Terpadu untuk tetap kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat di sektor pendidikan. Metode yang digunakan dalam mencari jawaban atas permasalahan yang diajukan dengan menggunakan Teknik Pustaka. Penelitian dengan kajian pustaka, atau yang sering disebut sebagai literature review, adalah metode penelitian yang menggunakan sumber-sumber literatur sebagai dasar utama untuk menganalisis, membahas, dan menyimpulkan fenomena tertentu tanpa melakukan pengumpulan data primer seperti survei atau eksperimen.
References
Hidayat, M. T. (2020). Value Creation dalam Pendidikan Islam: Studi Kasus pada Sekolah Islam Terpadu di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 23-35.
Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 127–134. https://www.kumpulanmakalah.com/2016/10/konsep-pendidikan-sekolah-islam-terpadu.
Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, IV(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id
Lubis, A. (2019). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 1077–1095. https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60
Rustandi,Feri. 2023. Peluang dan Tantangan Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu: Perspektif Total Quality Management. Jurnal JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891Volume 9 (5) Oktober Tahun 2023, Hal 2219-2227.
Smith, J., & Taylor, R. (2016) Value Capture in Education: Best Practices for Private Schools. New York: Education Insights Press.
Suyatno. 2015. Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional” dalam Jurnal “Al-Qalam” UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Volume 21 Nomor 1 Juni 2015.
Tim Mutu JSIT. (2010). Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu; Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Top 1000 Sekolah Tahun 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.