PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MATERI GEOMETRI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
Abstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan membekali pengetahuan dan keterampilan menggunakan software GeoGebra dalam proses perkuliahan terutama yang berkaitan dengan ilmu geometri. metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, praktek, pelatihan dan diskusi. Peserta pelatihan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau yang berjumlah 18 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan sebagai bentuk evaluasi kegiatan pelatihan ini adalah soal tes dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan analisis data melalui perhitungan N-Gain antara pretest dan postest diperolah nilai sebesar 0,85 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta pelatihan termasuk dalam kategori tinggi dan hasil angket respon mahasiswa menunjukkan respon positif mahasiswa sebesar 89,55% dengan kategori sangat baik.
Referensi
Aminudin, M., Basir, M. A., & Wijayanti, D., Maharani, H. R., Kusmaryono, I., & Saputro, B. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4 (2), 417-428.
Ansar, A., & Asrirawan. (2020). Pelatihan Geogebra Pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 30-36.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (1), 49-58.
Mulyono, D., & Asmara, Y. (2020). Workshop pemanfaatan e- learning schoology Dalam pembelajaran pada guru SMP Bakti Ibu 11 Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 173-183.
Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13-26.
Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).
Hidayat, F. M., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-12.
Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47.
Prastiti, D. T. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru-Guru Smp Dan Sma Di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 404-410.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Y Dian, A. (2019). Pelatihan peningkatan kemampuan it bagi guru matematika Menggunakan geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203-209.
Purnomo, M. E. R., & Machromah, I. U. (2017). Geometri Ruang di Perguruan Tinggi: Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Berdasarkan Prosedur Newman. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 435-442.
Sabirin, M., Fitria, A., & Ningsih, S. (2015). Profil Kemampuan Matematika Dasar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2013/2014. JPM IAIN Antasari, 2(2), 29-42.
Septiyani, D. Y., Haji, S., & Widada, W. ( 2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 74-83.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri PalembanG, 610-616.
Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom Dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111-133.
Zulnaidi, Hutkemri, and Sharifah Norul Akmar Syed Zamri. 2017. “The Effectiveness of the Geogebra Software: The Intermediary Role of Procedural Knowledge on Students’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education,13(6):2155–80.

Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






