Pendampingan Penyusunan Digital Interactive Module Bagi Guru Paud di Kota Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam penyusunan Modul Interaktif Digital bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Lubuklinggau. Modul ini dirancang untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi digital. Pendampingan dilakukan melalui serangkaian pelatihan dan bimbingan teknis kepada para guru PAUD, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dalam pembuatan dan pemanfaatan materi pembelajaran berbasis digital yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Dalam prosesnya, guru diberikan pemahaman mengenai pentingnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan dilatih untuk menyusun materi yang interaktif, menarik, dan mudah diakses. Hasil dari pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD di Kota Lubuklinggau, memberikan keterampilan baru bagi guru dalam mengembangkan materi ajar, serta memperkaya pengalaman belajar anak-anak usia dini dengan media yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman.
References
Djubaedi, Dedi, Tedi Rohadi, Abas Hidayat, and Yayoi Kodama. 2024. “Analysis of Entrepreneurship Core Competency and Curriculum Integrated with Local Culture and Products.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 13(5):3526. doi: 10.11591/ijere.v13i5.28147.
Jihannita, Jihan, Wirawan Fadly, Rahmi Faradisya Ekapti, Dewi Luthfiana, and Asri Widowati. 2024. “The Development of Science Module Integrated with Ethnoscience of Singo Barong Mask to Improve Scientific Literacy and Cultural Preservation Attitudes.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5(2):356–63. doi: 10.46843/jiecr.v5i2.790.
Kongen, Melania Marsela. 2019. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di PAUD.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 6(2):63–69.
Meeuwsen, Bert. 2024. “Crossroads of Leadership , Ethics , Higher Education , and Worldviews.” Theology and Philosophy of Education 3(1):39–49. doi: 10.5281/zenodo.12533240.
Polina, Lanny. 2018. “Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng Pada PAUD Formal Binaan I Dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur Teknologi , Struktur Ekonomi , Struktur Keluarga , Perkembangan Moral Dan Budaya . Era Ekonomi Dan Arus Globalisasi Saja Melainkan Juga Makin Terpur.” Jurnal SOLMA 7(2):215–24. doi: https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665.
Susilo, Agus, dkk. 2021. “Pelatihan Media Animasi Sebagai Sarana Pemicu Konsentrasi Belajar Anak Bagi Guru-Guru SMP Negeri Muara Lakitan.” Jurnal Bakti Nusantara Linggau 1(2):1–12.
Yansyah, Yansyah, Jamiatul Hamidah, and Lita Ariani. 2023. “Membangun Literasi Dwibahasa Melalui Big Book Storytelling Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):500–509. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3697.