Penguatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Sejarah melalui Pendampingan Lapangan Berbasis Wisata Edukasi di Sumatra Barat

  • Sarkowi Sarkowi
  • Yeni Amsara Universitas PGRI Silampari
  • Agus Susilo Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari
  • Yadri Irwansyah Universitas PGRI Silampari
  • Isbandiyah Isbandiyah Universitas PGRI Silampari
Keywords: competency development, history teacher education, educational tourism, field-based mentoring

Abstract

Mahasiswa calon guru sejarah perlu memiliki kompetensi pedagogis dan wawasan kontekstual yang kuat agar mampu mengembangkan pembelajaran sejarah yang bermakna dan relevan. Salah satu upaya strategis yang dapat dilakukan adalah melalui pendampingan lapangan berbasis wisata edukasi pada situs-situs sejarah lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru sejarah melalui keterlibatan langsung dalam praktik lapangan berbasis wisata edukasi di Sumatra Barat. Metode pelaksanaan dilakukan melalui skema pengabdian kepada masyarakat berbasis kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dengan pendekatan partisipatif. Kegiatan meliputi persiapan materi pembelajaran sejarah lokal, pelaksanaan kunjungan edukatif ke situs sejarah, serta refleksi dan evaluasi hasil kegiatan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam memahami konteks sejarah lokal, merancang pembelajaran kontekstual, dan mengembangkan media ajar berbasis pengalaman lapangan. Kegiatan ini juga memperkuat kemitraan dengan masyarakat serta menumbuhkan kepedulian terhadap pelestarian situs sejarah. Praktik lapangan berbasis wisata edukasi terbukti efektif sebagai media penguatan kompetensi calon guru sejarah. Temuan ini menunjukkan pentingnya sinergi antara pendidikan tinggi dan pemanfaatan potensi lokal dalam pengembangan pendidikan sejarah.

References

Duffy, T.M., & Cunningham, D.J. (1996). Constructivism: Implications for the Design and Delivery of Instruction. In Handbook of Research for Educational Communications and Technology.

Ekwandari, Y. S., Triaristina, A., & Susanto, H. (2021). Pemanfaatan Situs Purbakala Pugung Raharjo Sebagai Sumber Belajar Sejarah untuk Mahasiswa. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(2), 103–116. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i2.3690

Putri, S. L., & Damayanti, M. (2017). Peran Sumber Daya Sosial Budaya dalam Pengembangan Pariwisata di Kawasan Gunung Merapi Desa Umbulharjo dan Desa Kepuharjo. Ruang, 3(1), 1–10.

Fadillah, R., & Maryani, I. (2020). Museum sebagai sumber belajar sejarah di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 125–139

Kartodirdjo, S. (1988). Pengantar Sejarah Indonesia Baru. Jakarta: Gramedia

Nasution, H. (2011). Falsafah dan Pemikiran Islam di Minangkabau. Padang: LKiS

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Putra, Y. D., & Sari, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Lapangan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah, 3(2), 115–125.

Rahmah, T., & Ardi, Z. (2021). Wisata Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial, 8(1), 45–54

Ricklefs, M.C. (2008). Sejarah Indonesia Modern 1200–2008. Jakarta: Serambi

Sardiman, A.M. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Supriatna, N. (2020). Pendidikan Sejarah yang Kritis dan Reflektif. Bandung: UPI Press.

Syahril, M. (2019). Eksplorasi Situs Sejarah sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Sejarah dan Budaya, 13(1), 33–42.

Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo

Zamroni. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dan Multikulturalisme. Yogyakarta: Genta Press.

Zuhdi, M. (2014). Rekonstruksi Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Konten, Konteks, dan Nilai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 361–372.
Published
2025-06-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>