PENDAMPINGAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKTUAL LUBUKLINGGAU PADA GURU SEKOLAH DASAR 41 DAN 42 KOTA LUBUKLINGGAU
Abstrak
Salah satu tujuan kegiatan pendampingan pembuatan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontektual lubuklinggau pada guru sekolah dasar 41 dan 42 kota lubuklinggau adalah sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman guru mengenai pembuatan bahan ajar berupa LKS. Pada kegiatan ini LKS yang dihasilkan menggunakan konteks kota lubklinggau. Salah satu alasanp pemi[lihan konteks kota Lubuklinggau yakni agar siswa dapat memahami bahwa pembelajaran matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan pengabdian ini guru telah menghasilkan soal-soal berbasisi konteks kota Lubuklinggau yang selanjutnya soal tersebuat disusun dalam bentuk LKS yang masih sangat sederhana. Selain itu diakhir kegiatan diberikan angket respon terhadap kegiatan pendampingan yang dilaksanakan. Berdasarkan analisis perhitungan angket respon diperoleh skor 77,58 % hal ini mengunjukan bahwa respon guru terhadap kegiatan yang dilaksanakan sangat baik.
Referensi
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin : Tulip.
Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bito, G. S. (2016). Aktivitas Bermain sebagai Konteks dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 250-255.
Rizky & Rohati.(2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika Vol 8 No 1. 14
Sembiring. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Perkembangan dan Tantangannya. IndoMS. J.M.E. Vol. 1 No 1

Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






