Kepraktisan dan Keefektifan Bahan Ajar Matakuliah Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Kearifan Lokal Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Silampari

  • Nurnisai Muslihah Universitas PGRI Silampari
  • Tri Astuti Universitas PGRI Silampari
Keywords: Practicality and Effectiveness, Regional Language and Literature, Local Wisdom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan bahan ajar matakuliah Bahasa dan Sastra Daerah berbasis kearifan lokal pada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Silampari. Mahasiswa yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa semester III yang mengambil mata Kuliah Bahasa dan Sastra Daerah dengan jenis penelitian pengembangan pendidikan (Educational Research and Development.) Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase dan uji pperbedaan dua rata-rata rumus N-Gain. Hasil analisis kepraktisan diketahui dari respons mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan. Melalui evaluasi one to one dari 3 orang mahasiswa diperoleh persentase sebesar 94% (sangat praktis), pada evaluasi small group terhadap 9 orang mahasiswa diperoleh persentase sebesar 95% (sangat praktis), dan rerata persentase kepraktisan buku ajar sebesar 94,5%, menunjukkan kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil keefektifan buku ajar diperoleh persentase N-Gain sebesar 0,78. Jika dikaitkan dengan kriteria klasifikasi persentase N-gain (g), berada dalam rentang 0,30 ≤ g ≤ 0,78 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar matakuliah Bahasa dan Sastra Daerah berbasis kearifan lokal memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis dan keefektifan yang tinggi.

References

Astuti, Tri dan Nur Nisai Muslihah. 2023. Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Matakuliah Morfologi Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual pada Mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Perspektif Pendidikan LP4MK STKIP- PGRI Lubuklinggau. p –ISSN 0216-9991, e-ISSN 2654-5004 , Volume 17 No. 2, Desember 2023, hal. 281-298.

Badan Kepegawaian Negara. 2023. Angka Kridit, Kenaikan Pangkat. Dan Jenjang Jabatan Fungsional. Jakarta: Ditjen Peranturan Perundang-undangan Kemenhum RI.

Durohman, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistematika SMA. P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216, Vol. 2. No. 1.

Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Rubrik Pedoman Operasional(PO) Beban Kerja Dosen Tahun 2021

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Fajarini, Ulfiah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika. Vol.1, No.2 Des 2014. ISSN 2528-0376 (online) ISSN 1693-1874.

Istiawati, Novia Fitri . 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, Vol. 10, No. 1, April 2016 p-ISSN: 1978-2098; e-ISSN: 2407-8557.

Nisa, Hany Uswatun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. p-ISSN: 2442-7470 | e-ISSN: 2579-4442 Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019, halaman 100-104

Prastowo Adi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Tim Penyusun Pedoman Akademik. 2022. Pedoman Akademik Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau: STKIP-PGRI .

Puspita, A.M.I. & Purwo, S. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-Aulad, 2 (1): 1-7.

Sukarelawan, Moh Irma, dkk. 2024. N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.
Published
2024-12-20

Most read articles by the same author(s)