Pendampingan Menumbuhkan Minat dan Kegemaran Membaca Sejak Anak Usia Dini Melalui Gerakan Literasi Ibu dan Anak di PAUD Basmalah Preschool Tanah Periuk Kota Lubuklinggau
Abstract
Tujuan PKM adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya para orang tua (terutama ibu) dan siswa/siswi PAUD Basmalah Preschool tentang pentingnya menumbuhkan minat dan kegemaran membaca sejak usia dini. Juga mensosialisasikan urgennya gerakan literasi ibu dan anak dalam upaya menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Kegiatan PKM dilaksanakan selama enam minggu, mulai dari tahap persiapan dan observasi awal sampai tahap evaluasi dan pelaporan. Bentuk kegiatan pendampingan berupa penyuluhan dan sosialisasi dengan menerapkan metode problem solving, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Jumlah peserta 59 orang, terdiri dari 56 orang bunda dan 3 orang ayahanda. Temuan awal, diperoleh dua permasalahan mitra, yaitu: (1) kurangnya pemahaman dan kesadaran orang tua (terutama ibu) dan anak tentang pentingnya menumbuhkan minat dan kegemaran membaca sejak usia dini; (2) kurangnya pemahaman orang tua (terutama ibu) tentang bagaimana pola asuh dalam menumbuhkan minat dan kegemaran membaca anaknya sejak usia dini. Setelah kegiatan PKM dilakukan, para orang tua (peserta) mulai memahami dan menyadari pentingnya penanaman minat dan kegemaran membaca anak sejak usia dini melalui pendidikan dalam keluarga. Ini ditunjukkan dari antusias dan respons para orang tua selama mengikuti kegiatan pendampingan penyuluhan dan sosialisasi. Ada perubahan cara pandang dan sikap para orang tua, yang diperoleh dari jawaban angket yang diberikan, juga wawancara dengan guru dan beberapa siswa/siswi PAUD Basmalah Prechool I Tanah Periuk Kota Lubuklinggau. Pada siswa siswi PAUD, terjadi perubahan sikap berkaitan dengan minat dan kegemarannya dalam literasi membaca.
References
Dhona, Holy Rafika. 2021. Membaca dan Menulis dalam Islam. In Syiar Islam. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. 17 Desember 2021.
Haryanti, Amelia dan Dindin. 2020. Meningkatkan Minat Baca pada Anak Usia Dini. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences. p-ISSN 2655-9072 | e-ISSN 2686-1380 Volume 2 No.2, September 2020, hal. 103-114.
Mulasih dan Winda Dwi Hudhana. 2020. Urgensi Budaya Literasi dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 9 No. 2 Juli 2020 Hal 19-23.
Munthe, Ashiong Parhehean dan Dellya Halim. Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Junal Satya Widya. Volume XXXV No. 2, Desember 2019 e-ISSN: 2549-967X
Prasrihamna, Mega, dkk. 2022. Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. P-ISSN: 2442-7470, e-ISSN: 2579-4442, volume 8 Nomor 1, Januari 2022, hal.128-133.
Ramdhayani, Eryuni. 2023. Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Era Digital. Jurnal Kependidikan. e-ISSN.2685-9254 p-ISSN.2302-111X, Volume 7 Nomor 2, 2023, hal 67-73
Sudjono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Tantri, Ade Asih Susiari dan I Putu Mas Dewantara. 2017. Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, Volume 1 (4), hal. 204–209.
Utami, Larasati Diah. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara dapat diakses di: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661